Kamis, 12 April 2012

Pentingnya Makan Malam Bersama Keluarga!

Pentingnya Makan Malam Bersama Keluarga!

Ghiboo.com - Kesibukan masing-masing anggota keluarga menyebabkan waktu makan bersama jarang dilakukan, termasuk di malam hari. Padahal, kebersamaan di saat acara makan sangat penting dan baik bagi perkembangan mental anak.

Menurut CASA (Centre of Addiction and Substance Abuse), secara konsisten hasil riset telah menunjukkan bahwa semakin sering para remaja makan bersama keluarganya, sekitar 5 kali seminggu, maka akan semakin kecil kemungkinan mereka untuk merokok, minum minuman keras atau mengkonsumsi obat-obat terlarang.

Studi juga menunjukkan bahwa para remaja sangat mendambakan memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga, di mana lebih dari seperempatnya sangat mendambakan lebih sering makan bersama keluarga.

Makan bersama bukan hanya sekadar memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan makanan, tapi lebih dari itu. Beberapa manfaat makan bersama, diantaranya:

Performa anak-anak lebih baik di sekolah

Menurut sebuah penelitian tahun 2005 di Universitas Columbia, anak-anak yang makan dengan keluarga mereka juga memiliki sikap yang lebih positif tentang masa depan mereka.

Meningkatnya komunikasi

Makan malam bersama dalam keluarga untuk memberi kesempatan untuk komunikasi. Percakapan selama makan memberi kesempatan bagi keluarga untuk menjalin ikatan dan terhubung satu sama lain.

Mengembangkan keterampilan sosial

Makan bersama juga membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial yang baik karena mereka belajar menjadi pendengar yang baik, dan sabar menunggu sementara orang lain sedang berbicara. Mereka juga menjadi ingin tahu tentang orang lain bukan hanya fokus pada diri sendiri.

Struktur dan rutin

Rutinitas membantu anak-anak menemukan organisasi dan kemantapan dalam kehidupan keluarga mereka. Makan bersama keluarga secara teratur memberikan anak-anak rasa yang normal dan mereka dapat menikmati saat-saat ini setiap hari.

***********

Refleksi:

Bagi rekan cafers yang sudah berkeluarga, berapa kali seminggu kita makan bersama dalam keluarga? Lebih mengurucut lagi, apakah kita punya budaya makan bersama pada satu meja, memulai dan mengakhiri makan bersama itu dengan doa? Makan bersama tidak hanya bermakna sosial tetapi juga teologi ekaristi yaitu perjamuan suci keluarga Allah. Kegiatan makan bersama secara paedagogis, dapat membentuk kharakter anak-anak yaitu menghayati nilai kebersamaan dan persaudaraan dalam hidup. Keluarga yang biasa melakukan makan bersama, akan lebih cepat memahami makna liturgi ekaristi. Karena pada dasarnya, liturgi ekaristi adalah kehidupan, dan kehidupan adalah liturgi ekaristi.