Selasa, 19 Juni 2012

Yang Harus Dilakukan Agar Badan Tak Pernah Bau

Yang Harus Dilakukan Agar Badan Tak Pernah Bau

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Browser anda tidak mendukung iFrame


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Setiap orang memiliki aroma tubuh masing-masing. Namun jumlah keringat dan faktor kebersihan diri bisa membuat aroma tubuh yang khas menjadi bau badan yang mengganggu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda tak dihantui bau badan.

Tubuh menghasilkan keringat dari dua kelenjar, yaitu ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin memproduksi sebagian besar peluh atau 'keringat asin' saat berolahraga atau beraktivitas berat, yang sifatnya mendinginkan tubuh.

Sedangkan kelenjar apokrin memproduksi lemak yang tidak terlalu kental di daerah dengan rambut berlimpah, seperti kulit kepala, ketiak dan selangkangan.

Asam-asam lemak yang ada di tubuh kemudian diurai oleh flora atau bakteri yang ada di permukaan kulit, sehingga menghasilkan bau yang kurang sedap.

"Penyebabnya agak susah dihilangkan karena biasanya faktor genetik. Jadi kalau punya orangtua yang dulunya waktu remaja keringatnya berbau, keturunannya kemungkinan besar juga akan memiliki keringat berbau," jelas dr Irma Bernadette, SpKK, dokter spesialis kulit dari Divisi Dermatologi Kosmetik RSCM Kencana, saat dihubungi detikHealth, Rabu (13/6/2012).

Namun menurut dr Irma, pemicu bau badan ada beberapa macam, antara lain:
  1. Stres
  2. Makanan yang memicu keringat (spicy food), seperti rempah, makanan pedas, bawang.
  3. Kegemukan
  4. Penyakit lain
  5. Gangguan emosi
  6. Kurangnya kebersihan tubuh.

Jadi agar badan tak dihantui bau tak sedap, sebaiknya Anda bisa menghindari pemicu-pemicunya, terutama menjaga kebersihan badan dan kesehatan tubuh seperti:
  1. Mandi 2 kali sehari
  2. Hindari makanan pemicu keringat
  3. Turunkan berat badan
  4. Perbanyak sayur dan buah
  5. Sering membersihkan ketiak atau bagian berambut lainnya
  6. Gunakan deodoran bila perlu